Postingan

Cara membuat Terrain 3D di Unity

Gambar
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Kali ini saya akan memberi tutorial cara membuat Terrain 3D di Unity Silahkan disimak penjelasan nya sebagai berikut Terrain adalah arena permainan yang biasanya berupa hamparan dengan texture tanah, rumput, pasir, bebatuan atau air. Pada terrain pada umumnya juga terdapat model gunung, lembah, pohon dsb.  Sebagai sebuah game engine yang terintegrasi, Unity telah dilengkapi dengan world editor yang sangat lengkap, kita tidak perlu lagi bersusah payah hanya untuk membuat terrain utama dalam game. Buatlah Project 3D baru di Unity. Berikan nama untuk project (bebas apa saja). Sekali lagi pastikan pilihan 3D aktif. Jika project sudah dibuat, import package standar Unity. Ada dua cara untuk melakukan import package Unity 1. Menggunakan window Asset Store (Ctrl+9) (harus terhubung dengan internet) 2. Import dari komputer (Assets -> Import Package -> Custom Package) cara ke dua ini tidak harus terhubung ke internet 1. Menggu...

Cara membuat User Interface di Unity

Gambar
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Kali ini saya akan memberi tutorial cara membuat User Interface di Unity Silahkan disimak penjelasan nya sebagai berikut Buatlah project baru di Unity. Tambahkan sebuah panel dengan cara klik menu GameObject -> UI -> Panel. Semua object UI memiliki satu mekanisme unik yang disebut dengan Anchor. Misalnya untuk panel yang baru saja kita pasang. Kita bisa melihatnya pada panel Transform bahwa secara default Anchor yang dimilikinya adalah Strecth x Strecth Gunakan Hand Tool standar atau tambahkan klik Kanan. Anchor tersebut akan membuat panel yang dibuat akan ikut membesar secara horizontal dan vertikal sesuai dengan ukuran layar game. Kita bisa mengubah jenis Anchor dengan klik kotak penanda Anchor. Misalnya mengubah pilihan pada Top x Left kemudian geser panelnya pada ujung kiri atas. Pilihan ini akan membuat panel ‘menempel’ pada posisi kiri atas Canvas. Tak peduli ukuran layar game berubah-ubah. Untuk mencobany...

Cara membuat animasi dasar pada unity

Gambar
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Kali ini saya akan memberi tutorial cara membuat animasi pada unity Silahkan disimak penjelasan nya sebagai berikut Animasi pada dasarnya adalah sebuah pergerakan yang terbagi menjadi dua, yaitu perpindahan posisi dan perubahan bentuk. Materi ini akan membahas proses pembuatan dua jenis animasi tersebut menggunakan tool standar Unity. Buatlah project baru di Unity. Tambahkan sebuah Plane dengan cara klik menu GameObject -> 3D Obect -> Plane. Tambahkan sebuah Cube dangan cara klik menu GameObject -> 3D Obect -> Cube dan tempatkan Cube sedikit di atas Plane agar terlihat. Selanjutnya tampilkan jendela Animation dengan cara klik menu Window -> Animation. Rencananya kita akan membuat 3 animasi yang berbeda untuk si Cube. Untuk membuat animasi, yang pertama harus dilakukan adalah membuat sebuah file *.anim yang berisi sebuah animasi. Caranya, klik GameObject Cube pada tab Hierarchy, klik jendela Animation dan klik C...

Cara membuat dan menggunakan fungsi Translate() dan Raycast() pada Unity

Gambar
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Kali ini saya akan memberi tutorial cara membuat dan menggunakan fungsi Translate() dan  Raycast() pada Unity Silahkan disimak penjelasan nya sebagai berikut Translate adalah sebuah fungsi untuk membuat sebuah objek bergerak secara relatif terhadap posisinya sendiri dan bukan pada posisi dunia. Contohnya jika tombol panah maju ditekan maka objek akan mau ke depannya dan bukan ke arah depan pandangan pengguna. Fungsi Raycast() merupakan fungsi untuk melakukan penembakan ke arah yang dituju oleh kursor mouse dan menghasilkan koordinat Vector 3D. Buatlah project baru di Unity Pastikan Project yang digunakan adalah Game 3D. Tambahkan sebuah GameObject cube dengan cara klik menu GameObject -> 3D Object -> Cube dan tambahkan sebuah Component Rigidbody melalui menu Component -> Physics -> Rigidbody. Kemudian atur posisi Cube agar berada tepat di atas Plane seperti berikut dengan menggunakan gizmo atau panel Transform. S...

Cara membuat dan menggunakan prefab pada unity

Gambar
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Kali ini saya akan memberi tutorial cara membuat dan menggunakan prefab pada unity Silahkan disimak penjelasan nya sebagai berikut  Prefab merupakan sebuah GameObject yang disimpan ke dalam Assets, yang nantinya bisa dimanfaatkan menjadi GameObject kembali. Idenya game yang akan dibuat kali ini cukup sederhana yaitu membuat Prefab dari sebuah GameObject dan mendaftarkannya sebagai sebuah variable public agar dapat dibuat ulang berkali kali oleh fungsi pemanggil. Fungsi ini merupakan salah satu fungsi yang sering digunakan dalam pembuatan game. Buatlah project baru di Unity Pastikan Project yang digunakan adalah Game 3D. Tambahkan sebuah Plane dengan cara klik menu GameObject -> 3D Object -> Plane lalu ganti namanya menjadi Lantai1. Atur posisi Main Camera dan plane menggunakan gizmo atau panel Transform sehingga Kamera dapat melihat lantai dengan jelas berada di bawah. Tambahkan plane kedua, ganti namanya me...

Cara membuat GUI pada Unity

Gambar
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Kali ini saya akan memberikan tutorial cara pembuatan GUI pada unity engine, menambahkan gambar serta font yang ingin digunakan Silahkan disimak penjelasan nya sebagai berikut Sebelum memulai, silahkan sediakan beberapa objek seperti file gambar, suara, dan font, atau Anda dapat mengunduh file-file pada link Asset Image pada gambar di bawah ini.  Buatlah project baru di Unity atau cukup scene baru saja (jika masing ingin menggunakan project dari materi sebelumnya). ❑ Tambahkan sebuah GUISkin dengan cara klik menu Assets -> Create -> GUISkin. Beri nama "BelajarGUISkin" ❑ Setelah itu tambahkan beberapa Assets yang sudah diunduh tadi seperti assets untuk tombol (beberapa template gambar button berekstensi png) dan assets font.  ❑ Untuk melakukan import Assets, dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan cara klik menu Assets -> Import New Assets atau dengan drag filenya langsung dari Windows Explorer...

Interaksi dengan object pada unity

Gambar
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Kali ini saya akan memberi tutorial untuk berinteraksi dengan GameObject Silahkan disimak penjelasan nya sebagai berikut  Ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebuah script untuk berinteraksi dengan GameObject, diantaranya: ❑ Pasang script langsung pada object. ❑ Pasang script pada object lain, lalu menggunakan fungsi untuk mencari object yang dituju.  ❑ Buatlah project baru di Unity atau cukup scene baru saja (jika masing ingin menggunakan project dari materi sebelumnya). ❑ Tambahkan sebuah Cube dengan cara klik menu  GameObject -> 3D Object -> Cube. Posisikan Cube agar berada di depan kamera. Salah satu caranya: drag panah warna biru untuk pergeseran posisi z, warna merah untuk posisi x, dan warna hijau untuk posisi y ❑ Beri nama cube tersebut dengan nama Kubus1. Caranya klik Cube pada tab Hierarchy, tekan F2 dan ketik namanya, atau bisa juga menggunakan tab Inspector dan ketik namanya di textbox paling atas...