Belajar menggunakan Game Engine Unity untuk pemula (Review pertemuan 1)
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...
Pada kali ini saya akan membuat tutorial menggunakan Game Engine Unity untuk pemula, silahkan disimak caranya
Buka aplikasi Unity, jika kalian belum punya kalian bisa download DISINI dan menginstall nya terlebih dahulu
Saat pertama kali kalian menggunakan Unity kalian perlu Sign In ke akun kalian terlebih dahulu, jika kalian belum punya akun Unity silahkan buat terlebih dahulu lalu selanjutnya baru Sign In
Jika sudah Sign In kalian akan menemukan tampilan seperti diatas, pilih lah dimana kalian ingin menyimpan project kalian, pilih template yang kalian inginkan dan tinggal klik tombol Create project
Selanjutnya kalian akan menemukan tampilan seperti diatas, berikut adalah penjelasan nya
Interface Unity:
Toolbar digunakan untuk memanipulasi Scene View dan objek-objek di dalamnya. Fungsinya beragam, yakni dari memindahkan posisi, rotasi, hingga skala.
Hierarchy Window digunakan untuk melihat daftar GameObject apa saja yang ada di dalam scene. Setiap objek yang ada di scene pasti masuk di Hierarchy.
Untuk membuat folder, bisa dengan beberapa cara, salah satunya: klik kanan pada Assets, pilih
Create -> Folder, lalu beri nama folder. Misalnya buatlah folder Scripts.
Editor file C# script yang dulu didukung oleh Unity3D adalah MonoDevelop. Saat ini MonoDevelop sudah tidak didukung kembali. Sedangkan editor yang sekarang umum digunakan adalah Visual Studio Code dan JetBrains Rider, meskipun begitu, kita tetap dapat menggunakan editor yang lain seperti notepad2, notepad++, sublime, dll.
Selanjutnya edit file HelloWorld.cs yang tadi sudah dibuat menjadi seperti di bawah
Drag and drop script HelloWorld.cs ke GameObject Main Camera di jendela Hierarchy.
Pastikan script HelloWorld.cs telah masuk ke GameObject MainCamera dan menjadi komponen baru bagi MainCamera dengan melihat Inspector.
Klik tombol Play pada Toolbar. Setelah klik tombol tersebut, akan muncul di jendela Console seperti di samping. Jika diklik salah satu list yang ada di console, akan muncul info detil dari informasi nama berkas (file) script hingga baris kode tersebut.
Klik tombol Play pada Toolbar untuk menghentikan jalannya game.
Baris 7 adalah deklarasi variabel public, hal ini mengakibatkan munculnya parameter pada Inspector, perhatikan Inspector MainCamera.
Baris ini akan membuat tampilnya log berulang. Coba jalankan game, isi parameter MyText melalui Inspector
Selanjutnya edit file HelloWorld.cs yang tadi sudah dibuat menjadiseperti di bawah.
Jika game dijalankan dan parameter MyText pada Inspector MainCamera diisi, maka tampilan game akan menyesuaikan.
Sekian Tutorial dari saya, semoga bermanfaat :)
Pada kali ini saya akan membuat tutorial menggunakan Game Engine Unity untuk pemula, silahkan disimak caranya
Buka aplikasi Unity, jika kalian belum punya kalian bisa download DISINI dan menginstall nya terlebih dahulu
Saat pertama kali kalian menggunakan Unity kalian perlu Sign In ke akun kalian terlebih dahulu, jika kalian belum punya akun Unity silahkan buat terlebih dahulu lalu selanjutnya baru Sign In
Jika sudah Sign In kalian akan menemukan tampilan seperti diatas, pilih lah dimana kalian ingin menyimpan project kalian, pilih template yang kalian inginkan dan tinggal klik tombol Create project
Selanjutnya kalian akan menemukan tampilan seperti diatas, berikut adalah penjelasan nya
Interface Unity:
Toolbar digunakan untuk memanipulasi Scene View dan objek-objek di dalamnya. Fungsinya beragam, yakni dari memindahkan posisi, rotasi, hingga skala.
Hierarchy Window digunakan untuk melihat daftar GameObject apa saja yang ada di dalam scene. Setiap objek yang ada di scene pasti masuk di Hierarchy.
Scene Window digunakan untuk melihat secara keseluruhan objek
yang digunakan di game. Scenes Window juga dapat mengedit objek, baik
itu dalam hal posisi, rotasi maupun skala.
Game View digunakan untuk melihat hasil akhir dari game yang nantinya akan ditampilkan di layar user.
Inspector Window digunakan untuk mengedit semua properties pada objek yang aktif.
Project Window digunakan untuk menampilkan daftar asset yang
dapat digunakan dalam project Anda. Ketika menambahkan asset baru, ia
akan muncul di Project Window.
Console Window digunakan untuk mengetahui log dalam script serta informasi error dan peringatan yang ada di dalam script.
Pengaturan Assets Pada Project Window kita dapat mengelola file yang akan kita gunakan selama pembuatan Game. File yang sering digunakan diantaranya Scenes, Script, Gambar, Audio, dll. Selain file, kita dapat mengatur folder supaya penempatan file lebih rapi. Umumnya file scenes akan disimpan dalam satu folder scenes, file script disimpan dalam satu folder script, dst.
- Membuat Folder pada Assets
Untuk membuat folder, bisa dengan beberapa cara, salah satunya: klik kanan pada Assets, pilih
Create -> Folder, lalu beri nama folder. Misalnya buatlah folder Scripts.
- Membuat Script
Untuk membuat file script, bisa dengan beberapa cara, salah satunya:
klik kanan pada folder Scripts, pilih Create -> C# Scripts, lalu beri nama file.
Misalnya buatlah file HelloWorld.cs
Editor file C# script yang dulu didukung oleh Unity3D adalah MonoDevelop. Saat ini MonoDevelop sudah tidak didukung kembali. Sedangkan editor yang sekarang umum digunakan adalah Visual Studio Code dan JetBrains Rider, meskipun begitu, kita tetap dapat menggunakan editor yang lain seperti notepad2, notepad++, sublime, dll.
- Menambahkan Editor
Untuk menghubungkan editor file ke Unity3D terdapat pada menu Edit -> Preferences -> External Tools -> Browse…
- Membuat Script
Selanjutnya edit file HelloWorld.cs yang tadi sudah dibuat menjadi seperti di bawah
Secara default, pada script yang baru ini akan tampil 2 buah prosedur, yaitu:
- Start()Prosedur ini akan dipanggil satu kali di awal, pada saat script pertama kali di-enable. Prosedur ini sesuai untuk inisialisasi.
- Update()Prosedur ini dipanggil pada setiap frame, apabila script di-enable. Prosedur ini sesuai untuk bagian script yang dieksekusi berulang-ulang.
- .Menggunakan Script
Drag and drop script HelloWorld.cs ke GameObject Main Camera di jendela Hierarchy.
Pastikan script HelloWorld.cs telah masuk ke GameObject MainCamera dan menjadi komponen baru bagi MainCamera dengan melihat Inspector.
- Menjalankan Script
Klik tombol Play pada Toolbar. Setelah klik tombol tersebut, akan muncul di jendela Console seperti di samping. Jika diklik salah satu list yang ada di console, akan muncul info detil dari informasi nama berkas (file) script hingga baris kode tersebut.
- Menjalankan Game
Klik tombol Play pada Toolbar untuk menghentikan jalannya game.
- Menyimpan Scenes
Setiap perubahan yang teradi pada scene, hierarchy dan object yang ada di dalamnya, akan memunculkan tanda bintang pada nama Scenes. Segera simpan dengan cara kli File -> Save atau tekan Ctrl+S.
- Edit Script
Baris 7 adalah deklarasi variabel public, hal ini mengakibatkan munculnya parameter pada Inspector, perhatikan Inspector MainCamera.
Baris ini akan membuat tampilnya log berulang. Coba jalankan game, isi parameter MyText melalui Inspector
- Edit Script
Selanjutnya edit file HelloWorld.cs yang tadi sudah dibuat menjadiseperti di bawah.
Jika game dijalankan dan parameter MyText pada Inspector MainCamera diisi, maka tampilan game akan menyesuaikan.
- Pengenalan Tipe Data
- Edit Script
- Jalankan Game
Sekian Tutorial dari saya, semoga bermanfaat :)
Jika ingin mengetahui lebih banyak tentang cara membuat game anda dapat mendaftarkan diri dan belajar di Universitas Budi Luhur
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...
Komentar
Posting Komentar