Belajar menggunakan Game Engine Unity untuk pemula (Review pertemuan 1)

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

Pada kali ini saya akan membuat tutorial menggunakan Game Engine Unity untuk pemula, silahkan disimak caranya

Buka aplikasi Unity, jika kalian belum punya kalian bisa download DISINI dan menginstall nya terlebih dahulu


Saat pertama kali kalian menggunakan Unity kalian perlu Sign In ke akun kalian terlebih dahulu, jika kalian belum punya akun Unity silahkan buat terlebih dahulu lalu selanjutnya  baru Sign In



Jika sudah Sign In kalian akan menemukan tampilan seperti diatas, pilih lah dimana kalian ingin menyimpan project kalian, pilih template yang kalian inginkan dan tinggal klik tombol Create project



Selanjutnya kalian akan menemukan tampilan seperti diatas, berikut adalah penjelasan nya

Interface Unity:

Toolbar digunakan untuk memanipulasi Scene View dan objek-objek di dalamnya. Fungsinya beragam, yakni dari memindahkan posisi, rotasi, hingga skala.

Hierarchy Window digunakan untuk melihat daftar GameObject apa saja yang ada di dalam scene. Setiap objek yang ada di scene pasti masuk di Hierarchy.

Scene Window digunakan untuk melihat secara keseluruhan objek yang digunakan di game. Scenes Window juga dapat mengedit objek, baik itu dalam hal posisi, rotasi maupun skala.
Game View digunakan untuk melihat hasil akhir dari game yang nantinya akan ditampilkan di layar user.
Inspector Window digunakan untuk mengedit semua properties pada objek yang aktif.
Project Window digunakan untuk menampilkan daftar asset yang dapat digunakan dalam project Anda. Ketika menambahkan asset baru, ia akan muncul di Project Window.
Console Window digunakan untuk mengetahui log dalam script serta informasi error dan peringatan yang ada di dalam script.
 Pengaturan Assets Pada Project Window kita dapat mengelola file yang akan kita gunakan selama pembuatan Game. File yang sering  digunakan diantaranya Scenes, Script, Gambar, Audio, dll. Selain file, kita dapat mengatur folder supaya penempatan file lebih rapi. Umumnya file scenes akan disimpan dalam satu folder scenes, file script disimpan dalam satu folder script, dst.
  • Membuat Folder pada Assets

Untuk membuat folder, bisa dengan beberapa cara, salah satunya: klik kanan pada Assets, pilih
Create -> Folder, lalu beri nama folder. Misalnya buatlah folder Scripts. 



  • Membuat Script

Untuk membuat file script, bisa dengan beberapa cara, salah satunya:
klik kanan pada folder Scripts, pilih Create -> C# Scripts, lalu beri nama file.
Misalnya buatlah file HelloWorld.cs

Editor file C# script yang dulu didukung oleh Unity3D adalah MonoDevelop. Saat ini MonoDevelop sudah tidak  didukung kembali. Sedangkan editor yang sekarang umum digunakan adalah Visual Studio Code dan JetBrains Rider, meskipun begitu, kita tetap dapat menggunakan editor yang lain seperti notepad2, notepad++, sublime, dll.

  • Menambahkan Editor
Untuk menghubungkan editor file ke Unity3D terdapat pada menu Edit -> Preferences -> External Tools -> Browse…


  • Membuat Script

Selanjutnya edit file HelloWorld.cs yang tadi sudah dibuat menjadi seperti di bawah

Secara default, pada script yang baru ini akan tampil 2 buah prosedur, yaitu:
  • Start()Prosedur ini akan dipanggil satu kali di awal, pada saat script pertama kali di-enable. Prosedur ini sesuai untuk inisialisasi.
  • Update()Prosedur ini dipanggil pada setiap frame, apabila script di-enable. Prosedur ini sesuai untuk bagian script yang dieksekusi berulang-ulang.

  • .Menggunakan Script

Drag and drop script HelloWorld.cs ke GameObject Main Camera di jendela Hierarchy.



Pastikan script HelloWorld.cs telah masuk ke GameObject MainCamera dan menjadi komponen baru bagi MainCamera dengan melihat Inspector.


  • Menjalankan Script

Klik tombol Play pada Toolbar. Setelah klik tombol tersebut, akan muncul di jendela Console seperti di samping. Jika diklik salah satu list yang ada di console, akan muncul info detil dari informasi nama berkas (file) script hingga baris kode tersebut.





  • Menjalankan Game

Klik tombol Play pada Toolbar untuk menghentikan jalannya game. 

  • Menyimpan Scenes
Setiap perubahan yang teradi pada scene, hierarchy dan object yang ada di dalamnya, akan memunculkan tanda bintang pada nama Scenes. Segera simpan dengan cara kli File -> Save atau tekan Ctrl+S.


  • Edit Script
Selanjutnya edit file  HelloWorld.cs yang tadi sudah dibuat menjadi seperti di bawah.


Baris 7 adalah deklarasi variabel public, hal ini mengakibatkan munculnya parameter pada Inspector, perhatikan Inspector MainCamera.


Baris ini akan membuat tampilnya log berulang. Coba jalankan game, isi parameter MyText melalui Inspector







  • Edit Script

Selanjutnya edit file HelloWorld.cs yang tadi sudah dibuat menjadiseperti di bawah.





Jika game dijalankan dan parameter MyText pada Inspector MainCamera diisi, maka tampilan game akan menyesuaikan.


  • Pengenalan Tipe Data
Seperti bahasa pemrograman pada umumnya, C# memiliki tipe data seperti int, float, char atau string.

  • Edit Script
Selanjutnya edit file HelloWorld.cs yang tadi sudah dibuat menjadi seperti di bawah.




  • Jalankan Game
Jika tidak ada error pada console, maka jalankan game dan isi parameter yang ada pada Inspector MainCamera.






Sekian Tutorial dari saya, semoga bermanfaat :)

Jika ingin mengetahui lebih banyak tentang cara membuat game anda dapat mendaftarkan diri dan belajar di Universitas Budi Luhur

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara membuat dan menggunakan prefab pada unity

Interaksi dengan object pada unity

Cara membuat animasi dasar pada unity