Input Mouse, Keyboard, Output Sound pada Unity
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Kali ini saya akan memberi tutorial untuk Input mouse, Keyboard, dan Output Sound
Silahkan disimak penjelasan nya sebagai berikut
Pada umumnya di dalam sebuah game komputer digunakan banyak tombol, baik yang ada pada mouse maupun di keyboard. Materi ini akan membahas bagaimana Unity mendeteksi penekanan tombol tersebut.
Unity memiliki banyak cara dalam mendeteksi tombol tekan oleh player, silahkan perhatikan contoh program.
Buatlah project baru di Unity atau cukup Scene baru (jika masih ingin menggunakan project sebelumnya).Buat script C# kemudian beri nama InputMouse.cs.
Masukkan Koding seperti dibawah
Lalu Jalankan Game
Drag and drop script InputMouse.cs ke GameObject MainCamera di jendela Hierarchy. Jika tidak ada kesalahan, setelah game dijalankan, dan mouse di klik maka akan menampilkan button mana yang di klik. Selain itu akan menampilkan posisi pointer pada layar, dan jika scroll pada mouse digerakkan akan tampil jumlah scroll.
Berikutnya kita akan membahas Input Keyboard.
Buatlah project baru di Unity atau cukup Scene baru (jika masih ingin menggunakan project sebelumnya). Buat script C# kemudian beri nama InputKeyboard.cs.
Masukkan Koding seperti dibawah
Lalu jalankan game
Drag and drop script InputKeyboard.cs ke GameObject MainCamera di jendela Hierarchy.
Jika tidak ada kesalahan, setelah game dijalankan, dan ditekan tombol A, tombol B dan pilihan user, maka akan muncul hasilnya di panel Game. Pilihan User bisa diganti saat game sudah dijalankan.Drag and drop script InputKeyboard.cs ke GameObject MainCamera di jendela Hierarchy.
Jika tidak ada kesalahan, setelah game dijalankan, dan ditekan tombol A, tombol B dan pilihan user, maka akan muncul hasilnya di panel Game. Pilihan User bisa diganti saat game sudah dijalankan.
Input Manager
Keempat fungsi deteksi keyboard yang sudah dibahas di atas seharusnya tidak sulit untuk dipahami karena bentuknya sudah sangat jelas. Pertanyaan mungkin baru muncul pada Parameter “Fire1”. “Kenapa efeknya bisa muncul pada saat menekan klik kiri mouse atau tombol kiri Ctrl? padahal kita tidak pernah mendefinisikan itu sebelumnya?”. Hal ini disebabkan Unity memiliki beberapa parameter standar yang bisa digunakan untuk membantu proses deteksi input.
Parameter standar Unity yang berhubungan dengan input dengan cara klik menu Edit -> Project Settings -> Input.
Pada panel Input Manager inilah bisa didapatkan informasi tentang berbagai input standar yang telah dikenali oleh Unity. Bahkan kita bisa menambahkan daftar input kita sendiri bila diperlukan.
Sekian tutorial dari saya, semoga bermanfaat :)
Jika kalian ingin mengetahui lebih banyak tentang pembuatan game kalian bisa daftar di Universitas Budi Luhur
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Kali ini saya akan memberi tutorial untuk Input mouse, Keyboard, dan Output Sound
Silahkan disimak penjelasan nya sebagai berikut
Pada umumnya di dalam sebuah game komputer digunakan banyak tombol, baik yang ada pada mouse maupun di keyboard. Materi ini akan membahas bagaimana Unity mendeteksi penekanan tombol tersebut.
Unity memiliki banyak cara dalam mendeteksi tombol tekan oleh player, silahkan perhatikan contoh program.
Buatlah project baru di Unity atau cukup Scene baru (jika masih ingin menggunakan project sebelumnya).Buat script C# kemudian beri nama InputMouse.cs.
Masukkan Koding seperti dibawah
Lalu Jalankan Game
Drag and drop script InputMouse.cs ke GameObject MainCamera di jendela Hierarchy. Jika tidak ada kesalahan, setelah game dijalankan, dan mouse di klik maka akan menampilkan button mana yang di klik. Selain itu akan menampilkan posisi pointer pada layar, dan jika scroll pada mouse digerakkan akan tampil jumlah scroll.
Berikutnya kita akan membahas Input Keyboard.
Buatlah project baru di Unity atau cukup Scene baru (jika masih ingin menggunakan project sebelumnya). Buat script C# kemudian beri nama InputKeyboard.cs.
Masukkan Koding seperti dibawah
Lalu jalankan game
Drag and drop script InputKeyboard.cs ke GameObject MainCamera di jendela Hierarchy.
Jika tidak ada kesalahan, setelah game dijalankan, dan ditekan tombol A, tombol B dan pilihan user, maka akan muncul hasilnya di panel Game. Pilihan User bisa diganti saat game sudah dijalankan.Drag and drop script InputKeyboard.cs ke GameObject MainCamera di jendela Hierarchy.
Jika tidak ada kesalahan, setelah game dijalankan, dan ditekan tombol A, tombol B dan pilihan user, maka akan muncul hasilnya di panel Game. Pilihan User bisa diganti saat game sudah dijalankan.
Input Manager
Keempat fungsi deteksi keyboard yang sudah dibahas di atas seharusnya tidak sulit untuk dipahami karena bentuknya sudah sangat jelas. Pertanyaan mungkin baru muncul pada Parameter “Fire1”. “Kenapa efeknya bisa muncul pada saat menekan klik kiri mouse atau tombol kiri Ctrl? padahal kita tidak pernah mendefinisikan itu sebelumnya?”. Hal ini disebabkan Unity memiliki beberapa parameter standar yang bisa digunakan untuk membantu proses deteksi input.
Parameter standar Unity yang berhubungan dengan input dengan cara klik menu Edit -> Project Settings -> Input.
Pada panel Input Manager inilah bisa didapatkan informasi tentang berbagai input standar yang telah dikenali oleh Unity. Bahkan kita bisa menambahkan daftar input kita sendiri bila diperlukan.
Sekian tutorial dari saya, semoga bermanfaat :)
Jika kalian ingin mengetahui lebih banyak tentang pembuatan game kalian bisa daftar di Universitas Budi Luhur
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Komentar
Posting Komentar