Membuat Array, Class, Looping Function di Unity
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Kali ini saya akan memberikan tutorial untuk membuat array, class, dan looping function pada unity. berikut penjelasannya
Selain tipe data standar, Unity juga mampu mengenali tipe data lain seperti array atau bahkan tipe data buatan seperti struct. Materi kali ini tidak akan membahas struct, melainkan tipe class yang bisa mewakili tipe data yang lain.
Istilah looping digunakan untuk perintah pengulangan, pada pembahasan materi kali ini bukan membahas fungsi for atau while yang biasa digunakan tetapi sebuah pengulangan perintah yang dilakukan berdasarkan interval tertentu menggunakan fungsi InvokeRepeating().
Buatlah project baru di Unity. Buat script C# kemudian beri nama BelajarArray.
Jalankan Game
Drag and drop script BelajarArray.cs ke GameObject MainCamera di jendela Hierarchy. Jika tidak ada kesalahan, maka buka Inspector MainCamera, lalu isi Size pada ArrayAngka, misalnya “3” lalu isi element 0, 1, dan 2 dengan bilangan bulat. Lalu isi Size pada ArrayTeks, misalnya “3” lalu isi element 0, 1, dan 2 dengan teks. Setelah itu jalankan game dan perhatikan hasilnya.
Buat script C# kemudian beri nama ArrayClass.
Menggunakan Script.
Drag and drop script ArrayClass.cs ke GameObject Main Camera di jendela Hierarchy.
Perhatikan jendela Inspector Main Camera, jika tidak ada kesalahan maka akan ada 2 buah Script yaitu BelajarArray dan ArrayClass. Kita bisa saja menjalankan keduanya, untuk kasus kali ini, kita hanya akan menjalankan ArrayClass.cs, maka dari itu silahkan uncheck Script BelajarArray.
Berikutnya isi bilangan pada parameter
Size pada ArrayClass, misalnya “3”, maka akan ada 3 element yang harus diisi, masing-masing element akan ada ID dan Isi yang harus di-input. Silahkan di-input dan jalankan Game, lalu perhatikan hasilnya.
Jalankan Game
Buat script C# kemudian beri nama FungsiLooping.
Menggunakan Script.
Drag and drop script FungsiLooping.cs ke GameObject Main Camera di jendela Hierarchy. Lalu uncheck script BelajarArray dan ArrayClass pada Inspector MainCamera, dan pastikan script FungsiLooping masih checklist.
Program dijalankan di detik ke 2
Program dijalankan di detik ke 20
Sekian dari saya tutorial untuk membuat array, class, dan looping function pada unity.
Jika kalian ingin mengetahui lebih banyak tentang pembuatan game kalian bisa daftar di Universitas Budi Luhur
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Kali ini saya akan memberikan tutorial untuk membuat array, class, dan looping function pada unity. berikut penjelasannya
Selain tipe data standar, Unity juga mampu mengenali tipe data lain seperti array atau bahkan tipe data buatan seperti struct. Materi kali ini tidak akan membahas struct, melainkan tipe class yang bisa mewakili tipe data yang lain.
Istilah looping digunakan untuk perintah pengulangan, pada pembahasan materi kali ini bukan membahas fungsi for atau while yang biasa digunakan tetapi sebuah pengulangan perintah yang dilakukan berdasarkan interval tertentu menggunakan fungsi InvokeRepeating().
Buatlah project baru di Unity. Buat script C# kemudian beri nama BelajarArray.
Jalankan Game
Drag and drop script BelajarArray.cs ke GameObject MainCamera di jendela Hierarchy. Jika tidak ada kesalahan, maka buka Inspector MainCamera, lalu isi Size pada ArrayAngka, misalnya “3” lalu isi element 0, 1, dan 2 dengan bilangan bulat. Lalu isi Size pada ArrayTeks, misalnya “3” lalu isi element 0, 1, dan 2 dengan teks. Setelah itu jalankan game dan perhatikan hasilnya.
Buat script C# kemudian beri nama ArrayClass.
Menggunakan Script.
Drag and drop script ArrayClass.cs ke GameObject Main Camera di jendela Hierarchy.
Perhatikan jendela Inspector Main Camera, jika tidak ada kesalahan maka akan ada 2 buah Script yaitu BelajarArray dan ArrayClass. Kita bisa saja menjalankan keduanya, untuk kasus kali ini, kita hanya akan menjalankan ArrayClass.cs, maka dari itu silahkan uncheck Script BelajarArray.
Berikutnya isi bilangan pada parameter
Size pada ArrayClass, misalnya “3”, maka akan ada 3 element yang harus diisi, masing-masing element akan ada ID dan Isi yang harus di-input. Silahkan di-input dan jalankan Game, lalu perhatikan hasilnya.
Jalankan Game
Buat script C# kemudian beri nama FungsiLooping.
Menggunakan Script.
Drag and drop script FungsiLooping.cs ke GameObject Main Camera di jendela Hierarchy. Lalu uncheck script BelajarArray dan ArrayClass pada Inspector MainCamera, dan pastikan script FungsiLooping masih checklist.
Program dijalankan di detik ke 2
Program dijalankan di detik ke 20
Sekian dari saya tutorial untuk membuat array, class, dan looping function pada unity.
Jika kalian ingin mengetahui lebih banyak tentang pembuatan game kalian bisa daftar di Universitas Budi Luhur
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Komentar
Posting Komentar