Postingan

Cara membuat dan menggunakan fungsi Translate() dan Raycast() pada Unity

Gambar
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Kali ini saya akan memberi tutorial cara membuat dan menggunakan fungsi Translate() dan  Raycast() pada Unity Silahkan disimak penjelasan nya sebagai berikut Translate adalah sebuah fungsi untuk membuat sebuah objek bergerak secara relatif terhadap posisinya sendiri dan bukan pada posisi dunia. Contohnya jika tombol panah maju ditekan maka objek akan mau ke depannya dan bukan ke arah depan pandangan pengguna. Fungsi Raycast() merupakan fungsi untuk melakukan penembakan ke arah yang dituju oleh kursor mouse dan menghasilkan koordinat Vector 3D. Buatlah project baru di Unity Pastikan Project yang digunakan adalah Game 3D. Tambahkan sebuah GameObject cube dengan cara klik menu GameObject -> 3D Object -> Cube dan tambahkan sebuah Component Rigidbody melalui menu Component -> Physics -> Rigidbody. Kemudian atur posisi Cube agar berada tepat di atas Plane seperti berikut dengan menggunakan gizmo atau panel Transform. S...

Cara membuat dan menggunakan prefab pada unity

Gambar
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Kali ini saya akan memberi tutorial cara membuat dan menggunakan prefab pada unity Silahkan disimak penjelasan nya sebagai berikut  Prefab merupakan sebuah GameObject yang disimpan ke dalam Assets, yang nantinya bisa dimanfaatkan menjadi GameObject kembali. Idenya game yang akan dibuat kali ini cukup sederhana yaitu membuat Prefab dari sebuah GameObject dan mendaftarkannya sebagai sebuah variable public agar dapat dibuat ulang berkali kali oleh fungsi pemanggil. Fungsi ini merupakan salah satu fungsi yang sering digunakan dalam pembuatan game. Buatlah project baru di Unity Pastikan Project yang digunakan adalah Game 3D. Tambahkan sebuah Plane dengan cara klik menu GameObject -> 3D Object -> Plane lalu ganti namanya menjadi Lantai1. Atur posisi Main Camera dan plane menggunakan gizmo atau panel Transform sehingga Kamera dapat melihat lantai dengan jelas berada di bawah. Tambahkan plane kedua, ganti namanya me...

Cara membuat GUI pada Unity

Gambar
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Kali ini saya akan memberikan tutorial cara pembuatan GUI pada unity engine, menambahkan gambar serta font yang ingin digunakan Silahkan disimak penjelasan nya sebagai berikut Sebelum memulai, silahkan sediakan beberapa objek seperti file gambar, suara, dan font, atau Anda dapat mengunduh file-file pada link Asset Image pada gambar di bawah ini.  Buatlah project baru di Unity atau cukup scene baru saja (jika masing ingin menggunakan project dari materi sebelumnya). ❑ Tambahkan sebuah GUISkin dengan cara klik menu Assets -> Create -> GUISkin. Beri nama "BelajarGUISkin" ❑ Setelah itu tambahkan beberapa Assets yang sudah diunduh tadi seperti assets untuk tombol (beberapa template gambar button berekstensi png) dan assets font.  ❑ Untuk melakukan import Assets, dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan cara klik menu Assets -> Import New Assets atau dengan drag filenya langsung dari Windows Explorer...

Interaksi dengan object pada unity

Gambar
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Kali ini saya akan memberi tutorial untuk berinteraksi dengan GameObject Silahkan disimak penjelasan nya sebagai berikut  Ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebuah script untuk berinteraksi dengan GameObject, diantaranya: ❑ Pasang script langsung pada object. ❑ Pasang script pada object lain, lalu menggunakan fungsi untuk mencari object yang dituju.  ❑ Buatlah project baru di Unity atau cukup scene baru saja (jika masing ingin menggunakan project dari materi sebelumnya). ❑ Tambahkan sebuah Cube dengan cara klik menu  GameObject -> 3D Object -> Cube. Posisikan Cube agar berada di depan kamera. Salah satu caranya: drag panah warna biru untuk pergeseran posisi z, warna merah untuk posisi x, dan warna hijau untuk posisi y ❑ Beri nama cube tersebut dengan nama Kubus1. Caranya klik Cube pada tab Hierarchy, tekan F2 dan ketik namanya, atau bisa juga menggunakan tab Inspector dan ketik namanya di textbox paling atas...

Input Mouse, Keyboard, Output Sound pada Unity

Gambar
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Kali ini saya akan memberi tutorial untuk Input mouse, Keyboard, dan Output Sound Silahkan disimak penjelasan nya sebagai berikut Pada umumnya di dalam sebuah game komputer digunakan banyak tombol, baik yang ada pada mouse maupun di keyboard. Materi ini akan membahas bagaimana Unity mendeteksi penekanan tombol  tersebut. Unity memiliki banyak cara dalam mendeteksi tombol tekan oleh player, silahkan perhatikan contoh program. Buatlah project baru di Unity atau cukup Scene baru (jika masih ingin menggunakan project sebelumnya).Buat script C# kemudian beri nama InputMouse.cs. Masukkan Koding seperti dibawah Lalu Jalankan Game Drag and drop script InputMouse.cs ke GameObject MainCamera di jendela Hierarchy. Jika tidak ada kesalahan, setelah game dijalankan, dan mouse di klik maka akan menampilkan button mana yang di klik. Selain itu akan menampilkan posisi pointer pada layar, dan jika scroll pada mouse digerakkan akan tamp...

Membuat Array, Class, Looping Function di Unity

Gambar
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Kali ini saya akan memberikan tutorial untuk membuat array, class, dan looping function pada unity. berikut penjelasannya Selain tipe data standar, Unity juga mampu mengenali tipe data lain seperti array atau bahkan tipe data buatan seperti struct. Materi kali ini tidak akan membahas struct, melainkan tipe class yang bisa mewakili tipe data  yang lain. Istilah looping digunakan untuk perintah pengulangan, pada pembahasan materi kali ini bukan membahas fungsi for atau while yang biasa digunakan tetapi sebuah pengulangan perintah yang dilakukan berdasarkan interval tertentu menggunakan fungsi  InvokeRepeating(). Buatlah project baru di Unity. Buat script C# kemudian beri nama BelajarArray. Jalankan Game Drag and drop script BelajarArray.cs ke GameObject MainCamera di jendela Hierarchy. Jika tidak ada kesalahan, maka buka Inspector MainCamera, lalu isi Size pada ArrayAngka, misalnya “3” lalu isi element 0, 1, dan 2 d...